Kamis, 04 Desember 2014

Mengelola Bauran dan Lini Produk

Apa itu Produk
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan, termasuk : barang fisik, Jasa, Pengalaman, Acara, Orang, Tempat, Property, Organisasi, Informasi.
hierarki nilai pelanggan
Hierarki Nilai Pelanggan



Hierarki Nilai Pelanggan 

Dalam merencanakan penawaran pasar, seorang marketer harus melihat lima tingkat produk. Setiap tingkat menambah nilai pelanggan, semakin tinggi tingkatan yang dicapai maka nilai atau value pelanggan akan semakin besar. 
  1. Manfaat inti : Tingkat ini merupakan layanan atau manfaat yang benar-benar dibeli oleh pelanggan atau tujuan utama pelanggan membeli produk atau jasa. Sebagai contoh tamu hotel datang karena mereka ingin beristirahat atau tidur. Selain itu juga seperti orang mendatangi restoran untuk makan, dan masih banyak lagi.
  2. Produk dasar
    Kemudian dari alasan atau manfaat inti yang ada kemudian dirubah menjadi produk dasar. Ketika kita ke hotel maka barang yang harus ada adalah tempat tidur, kamar mandi, lemari pakaian, handuk, dan meja. Juga pada restoran terdapat makanan, minuman, meja dan kursi.
  3. Produk yang diharapkan
    Setelah produk dasar sudah tersedia maka pemasar/marketer harus mempersiapkan produk yang diharapkan yakni sekelompok atribut dan kondisi yang diharapkan oleh pelanggan.Tamu hotel mengharapkan tempat tidur bersih, kamar mandi yang bersih, handuk baru, lampu dapat dinyalakan, suasana yang tenang. Selain itu juga pada restoran makanan yang enak, tempat makan yang bersih dan kondisi yang tenang.
  4. Produk tambahan
    Pada tingkat ini pemasar menyiapkan produk tambahan yang melebihi harapan pelanggan. Seperti tamu hotel mendapat pelayanan yang cepat saat mereka ingin menginap, mendapat sarapan gratis dan masih banyak lagi. Pada restoran misalkan Mc Donald memberikan mainan gratis pada anak kecil yang membeli paket makanan anak.
  5. Produk potensial
    Produk potensial merupakan semua kemungkinan tambahan dan transformasi yang mungkin dialami sebuah produk atau penawaran dimasa depan dimana produk potensial ini bisa saja menjadi manfaat inti yang baru dan menjadi produk dasar yang baru. Sebagai contoh adalah Trans Hotel menyediakan spa dan gym untuk setiap pelanggan yang menginap dihotel tersebut, tetapi bagi pelanggan yang tidak menginap di hotel tersebut pun tetap bisa merasakan layanan spa dan gym dengan membeli layanan dan menjadi member. Hal ini merupakan perubahan dari spa dan gym merupakan layanan untuk tamu hotel (produk potensial) menjadi core benefitatau memfaat inti yang orang cari ketika ketempat tersebut

Apa itu Lini Produk ? 
Lini produk adalah sekelompok produk yang saling terkait karena melakukan fungsi yang sama ( mirip ), dijual kepada kelompok pelanggan yabg sama, dipasarkan melalui saluran distribusi yang sama, atau memiliki kisaran harga tertentu.


Apa itu Sistem Produk ? 
Sistem produk adalah kelompok barang yang berbeda tetapi berhubungan dan berfungsi dengan cara yang kompatibel.

Apa itu Bauran Produk ? 
Bauran Produk adalah kumpulan semua produk dan barang yang ditawarkan untuk dijual oleh penjual tertentu.



Panjang Lini Produk



Tujuan perusahaan mempengaruhi panjang lini produk, salah satu tujuannya adalah menciptakan lini produk untuk mendorong penjualan ke atas. Tujuan lainnya adalah menciptakan lini produk yang memfasilitasi penjualan silang. Tujuan yang lain lagi adalah menciptakan lini produk yang terlindung dari peningkatan dan penurunan kondisi ekonomi; Perusahaan mencari pangsa pasar dan pertumbuhan pasar yang tinggi biasanya akan membawa lini produk yang lebih panjang. Perusahaan yang menekankan profitabilitas tinggi akan membawa lini yang lebih pendek yang teridiri dari item-item yang dipilih secara seksama.


Perusahaan memperpanjang lini produknya dengan dua cara : perpanjangan lini dan pengisian lini.

PERPANJANGAN LINI
Perusahaan dapat memperpanjang lininya ke bagian bawah pasar, bagian atas pasar, atau keduanya.

1. Perpanjangan ke Bawah Pasar
Perusahaan yang diposisikan di pasar menegah mungkin ingin memperkenalkan lini harga yang lebih murah untuk tiga alasan:
Perusahaan mungkin memperhatikan peluang pertumbuhan yang kuat ketika pengecer massal seperti Wal-Mart, Best Buy, dan lainnya menarik semakin banyak jumlah pembelanja yang menginginkan barang berharga murah.
Perusahaan mungkin ingin mengikat pesaing di kelas bawah yang jika tidak terikat mungkin berusaha bergerak naik ke sisi atas pasar. Jika perusahaan diserang oleh pesaing kelas bawah, perusahaan sering memutuskan untuk menyerang balik dengan memasuki sisi bawah pasar.
Perusahaan mungkin menemukan bahwa pasar menengah dalam keadaan stagnan atau menurun.

Contoh : Telkomsel mengeluarkan kartu As yang lebih murah dari Halo atau simPATI untuk meraih pasar bagian bawah.

2. Perpanjangan ke Atas Pasar
Perusahaan mungkin ingin memasuki bagian atas pasar untuk mencapai pertumbuhan yang lebih besar, untuk mewujudkan margin yang lebih tinggi, atau hanya memposisikan dirinya sendiri sebagai produsen lini penuh.Banyak pasar menghasilkan segmen skala atas yang mengejutkan: Starbucks dalam segmen kopi, Haagen-Dazs dalam segmen eskrim, dan Evian dalam segmen air botol. Perusahaan otomotif terkemuka Jepang masing-masing memperkenalkan mobil kelas atas: Lexus dari Toyota; Infiniti dari Nissan; dan Acura dari Honda. Perhatikan bahwa mereka menciptakan nama yang benar-benar baru serta tidak menggunakan atau memasukkan nama mereka sendiri, karena konsumen mungkin tidak “megizinkan” merek untuk melakukan perpanjangan ke atas ketika lini yang berbeda itu pertama kali diluncurkan.

Contoh: General Electric memperkenalkan merek GE Profile untuk penawaran peralatan rumah tangga besarnya di pasar kelas atas.

PENGISIAN LINI
Perusahaan dapat memperpanjang lini produknya dengan menambahkan lebih banyak barang. Ada beberapa motif untuk pengisian lini :
  • Menghasilkan laba tambahan
  • Berusaha memuaskan penyalur yang mengeluh kehilangan penjualan karena item yang tak tersedia dalam lini
  • Berusaha menggunakan kelebihan kapasitas
  • Berusahan menjadi perusahaan lini penuh terkemuka,dan
  • Berusaha menambal lubang untuk menyingkirkan pesaing

Pengisian lini dilakukan oleh perusahaan agar dapat mengubah komponen produk dari baruan pemasarannya dengan cara modernisasi, penampilan dan pengurangan lini produknya. Misalnya seperti Kemasan teh botol sosro yang dulu hanya dalam kemasan botol, namun sekarang teh botol memiliki kemasaran kotak yang lebih efisien.

PENETAPAN HARGA BAURAN PRODUK

Dalam penetapan harga bauran produk, perusahaan mencari sekumpulan harga yang memaksimalkan laba keseluruhan bauran. Terdapat 6 situasi yang membutuhkan penetapan harga bauran produk.



  • Penetapan harga lini produk Penetapan harga suatu produk akan mempengaruhi harga suatu produk anggapan konsumen mengenai kualitas produk. Seperti toko pakaian pria yang menjual jas pria dengan harga 150.000 , 200.000 dan 300.000,konsumen beranggapan bahwa jas dengan harga 300.000 memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan 150.000.
  • Penetapan harga fitur opsional Penetapan harga didasarkan pada tambahan fitur opsional. Seperti iphone 4S memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan iphone 4.
  • Penetapan harga produk terikat Produk yang dijual,produk yang harus ada untuk menjalankan produk utama. Seperti printer,tidak hanya printernya,tapi tintanya harus dibeli juga agar printer dapat digunakan.
  • Penetapan harga produk sampingan Produk utama yang dijual menghasilkan produk sampingan yang dapat dijual. Seperti peternakan ayam,ayam sebagai produk utama dapat dijual tetapi telur sebagai produk sampingan dapat dijual juga.
  • Penetapan harga paket produk Paket Murni : terjadi ketika perusahaan menawarkan produknya hanya sebagai paket. Seperti paket internet Flash. Paket Campuran : penjual menawarkan paket campuran,penjual biasanya mengenakan harga yang lebih murah untuk paket dibandingkan jika dibeli terpisah. Seperti paket Dominos.




Pengemasan
merupakan semua kegiatan merancang dan memproduksi wadah untuk sebuah produk.
kemasan di bagi menjadi 3 : 
  • kemasan primer 
  • kemasan sekunder 
  • kemasan pengiriman



Jika belum jelas, teman-teman bisa langsung mendownloadnya untuk mengetahui materi tentang mengelola bauran dan lini produk. Di dalamnya kami menjelaskan beberapa contoh bauran dan lini produk. Semoga bermanfaat :)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar